Contoh Kata Baku Dan Tidak Bakunya (5) Yang Sering Diapakai
Contoh kata baku dan tidak bakunya (5) yang sering diapakai
Jawaban 1:
Kata baku:
1. tidak
2.sambal
3.kesal
4.benar
5.malas
kata tidak baku:
1.nggak
2.sambel
3.kesel
4.bener
5.males
Jawaban 2:
Kata baku-tdk baku
tidak-nggak
seperti-kayak
sampai-nyampe
ingin-pengen
saya-gue
Pertanyaan Terkait
Manfaat kebun sekolah, selain objek pembelajaran?
Jawaban 1:
Menambah oksigen dan menjadikan lingkungan sekolah lebih asri dan tidak gersang
Jawaban 2:
Untuk memperindah sekolah
10 contoh kata transitif
Jawaban 1:
1. membuat
2. menjulurkan
3. memegang
4. melihat
5. menyapa
6. menghina
7. meminta
8. menggantung
9. mengangkat
10. memuji
Jawaban 2:
Ibu mencuci baju .
adik menulis huruf.
ayah membaca koran.
aku membeli nasi goreng.
nenek menjahit baju.
kakek mencangkul di sawah.
paman bekerja di kantor.
bibi membuat roti.
yoli memasak sayur.
fitri memegang pensil.
*Maksutnya kalimat aktif transitif kan? maaf kalo salah. ini gak pake keterangan tempat cuma SPo
Bikin paragraf dari resolusi dalam cerita jiji jerapah dan kus tikus
Jawaban 1:
Jawabanya adalah
leher si Jiji yang terlalu panjang sehingga tidak dapat menumakan pekerjaan yang pas
Hal-hal pokok dialog adalah?
Jawaban 1:
Terjadinya saling keterpahaman satu dengan yang lain
Jawaban 2:
Kepahaman antar anggota dan cerita yg dapat dimengerti
Struktur teks fabel gmn ya?
Jawaban 1:
Orientasi, komplikasi, resolusi, koda
Jawaban 2:
Orientasi, komplikasi, resolusi, koda
Apakah manfaat biota laut bagi manusia? Please jawab yaa:D
Jawaban 1:
Sebagai mata pencaharian, ilmu pengetahuan, dan sarana refreshing
Apa perbedaan teks cerita moral fabel dan teks cerita pendek?
Jawaban 1:
Teks cerita moral fabel memiliki struktur Orientasi, Komplikasi, Resolusi, dan Koda
teks cerita pendek hanya memiliki struktur Orientasi, Komplikasi, dan Resolusi. tanpa koda
Jelaskan pengertian keterangan waktu dan tempat dengan lengkap! beserta contohnya! tolong di jwab dengan benar dan tepat ya..... terima kasih ^_^
Jawaban 1:
Ketrngan wktu yaita saat trjadi nya suatu peristiwa trsebut.
kalau tempat dimana suatu kejadian itu trjadi.
conth anak itu ttrjatuh di sekolah siang hari
Jawaban 2:
Latar waktu dan tempat adalah : Waktu : menyatakan waktu terjadinya suatu kegiatan/peristiwa. Latar : menyatakan tempat dan arah terjadinya suatu kegiatan/peristiwa
Contoh : - Pada jam 10 di jalan PNS seorang anak kecil bernama iman Di rampok dan di bunuh secara sadis :)
Begitu kah kak :) Kalo salah maaf :)
Buatlah fabel yang berstruktur ORIENTASI,KOMPLIKASI,RESULOSI,KODA.
Terima kasih sebelumnya :)
Jawaban 1:
PERSAHABATAN KANCIL DAN ORANG UTAN
Di daerah pedalaman tinggallah ribuan binatang. Dari ribuan binatang itu hiduplah sekelompok kancil. Dalam kelompok itu ada yang dijuluki si Pincang. Ia selalu diejek oleh binatang-binatang lainnya. Namun ia selalu tabah menghadapi cobaan hidupnya..(orientasi)
Pada suatu hari ia hendak mengembara untuk mencari tempat yang aman dan tenteram baginya. Di perjalanan di dalam hati ia berkata, “Mengapa aku selalu diejek oleh teman-temanku? Apakah karena aku berbeda dengan mereka? Aku tahu bahwa aku mempunyai kaki yang tidak sama dengan mereka.”
Pada saat itu si Pincang bertemu dengan orang utan yang sangat baik. Orang utan itu tinggal di hutan yang sangat damai. Orang utan itu bertanya kepada si kancil.
“Wahai, kancil, hendak ke mana engkau?”
“Aku hendak mencari tempat yang aman dan tentram bagi diriku.
“Oh, begitu.” Lalu orang utan mengajak kancil tinggal di rumahnya.
“Terima kasih, temanku, engkau sangat baik,” kata kancil. Setelah sampai di rumah orang utan, kancil sangat senang dan merasakan kedamaian. Beberapa hari kemudian kancil keluar rumah untuk mencari makanan. Ia melihat orang utan datang berlari-lari.
“Teman, mengapa engkau lari tergesa-gesa?”
“Aku sedang dikejar seorang pemburu yang ingin menembakku,” kata orang utan. Beberapa saat kancil diam, mencari akal. (Komplikasi)
“Aku punya akal untuk membuat si pemburu jera dengan perbuatannya,” kata kancil.
“Apa teman ?”
“Begini, aku akan membuat perangkap untuk pemburu itu.”
Beberapa hari kemudian perangkap buatan kancil sudah jadi dan siap dipakai. Kancil menyuruh orang utan berpura-pura mencari makanan. Pemburu melihat orang utan yang sibuk mencari makanan dan ia menyiapkan senapan untuk menembaknya. Pemburu tidak tahu bahwa di atasnya terdapat perangkap yang telah disediakan untuknya. Pemburu terperangkap di dalamnya. Kancil dan orang utan sangat gembira.
“Kita berhasil menangkap pemburu itu dan engkau sangat hebat kawan,” kata orang utan kepada si kancil.
“Sudahlah kawan, kita berteman, jadi kita wajib saling membantu.” (Resolusi)
Akhirnya hutan yang di tempati oleh orang utan dan kancil menjadi damai kembali. (Koda)
Kelompokkan kata-kata berikut ke dalam kelompok kata baku/ kata tidak baku dan tulisan juga kata baku/ tidak bakunya! 1. Nonfiksi 10. Piutang
2. Meterai 11. Matrik
3. Mantera 12. Narapidana
4. Metoda 13. Objektif
5. Survai 14. Persen
6. Kualita 15. Quesioner
7. Musti 16. Risiko
8. Milyar
9. Paham
Jawaban 1:
Kelompok kata baku:
1. nonfiksi > tidak bakunya non fiksi
2. meterai > meterei
3. paham > faham
4. piutang > hutang
5. narapidana > nara pidana
6. objektif > obyektif
7. persen > ...
8. risiko > resiko
kelompok tidak baku :
1. mantera > kata bakunya mantra
2. survai > survei
3. kualita > kualitas
4. musti > mesti
5. milyar > miliar
6. matrik > matriks
7. quesioner > pertanyaan
semoga bisa membantu
Comments
Post a Comment